Selasa, 21 Juni 2011

Aplikasi Pengolahan Data Peminjaman Buku Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Banjarsari Way Sulan Lampung Selatan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Didasari atau tidak perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi sekarang ini, khususnya media elektronik seperti komputer sangat mempengaruhi kinerja suatu organisasi untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada sistem yang membutuhkan proses komputerisasi. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, informasi sangat dibutuhkan dalam rangka pengembangan maupun pemanfaatan alternatif-alternatif yang harus diperhitungkan oleh setiap organisasi.

Perpustakaan adalah suatu unit kerja dimana pengumpulan, penyimpanan dan pemeliharaan serta pelayanan koleksi, baik dalam bentuk cetak  maupun non cetak yang diorganisir secara sistematis menurut sistem tertentu untuk disebarluaskan pada masyarakat pemakai secara kontinyu sebagai sumber informasi.

Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang koleksinya relevan dengan kebutuhan. Kebutuhan masyarakat akan informasi selalu berubah dari waktu kewaktu, oleh karena itu tugas perpustakaan adalah menyesuaikan layanan dengan perubahan kebutuhan tersebut.

Saat ini sistem yang digunakan pada MTsN Banjarsari Way Sulan Lampung Selatan khususnya pelayanan pada layanan peminjaman dan pengembalian buku pinjaman belum menggunakan sistem komputerisasi, data peminjam dan pengembalian buku hanya dicatat oleh petugas pada selembar kertas setiap harinya sebelum dilakukan pencatatan kedalam buku pinjaman peminjaman setiap akhir bulan sehingga kemungkinan data hilang dan rusak. Apabila sewaktu-waktu banyak anggota yang ingin meminjam buku, petugas terkadang kesulitan mengecek buku-buku yang dipinjam tersebut. Transaksi peminjaman buku rata-rata setiap hari dapat mencapai 10 (sepuluh) kali transaksi peminjaman dan pengembalian yang harus dilayani oleh petugas perpustakaan.

Berdasarkan uraian diatas, maka dengan adanya program aplikasi dibidang informasi ini sehingga akan mempermudah pengolahan informasi tentang data peminjaman buku Pada Perpustakaan MTsN Banjarsari Way Sulan Lampung Selatan.

1.2  Tujuan Penelitian

Tujuan PKL yang dilaksanakan oleh mahasiswa Informatics & Business Institute Darmajaya Bandar Lampung  adalah sebagai berikut  :
  1. Menambah keterampilan, wawasan dan kecakapan khusus serta pengalaman dalam lingkungan dunia kerja nyata.
  2. Mengembangkan kinerja sistem pengolahan data peminjaman bahan pustaka pada MTsN Banjarsari Way Sulan Lampung Selatan.
  3. Merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan matakuliah Kerja Praktik (KP) pada jurusan Sistem Informasi (SI).
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dibangku perkuliahan.
  5. mengidentifikasi bebagai faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi efektifitas sistem komputerisasi pada proses peminjaman bahan pustaka.

1.3  Waktu Pelaksanaan

Pelaksanan Kerja Praktik (KP) ini dilakukan mulai pada hari senin-sabtu dimulai pukul 07.30-13.30 Wib, dan berlangsung selama 6 (Enam) minggu, terhitung sejak tanggal 05 Agustus sampai dengan 28 September 2010.
1.4  Tempat Pelaksanaan

Tempat pelaksanaan Kerja Praktik ( KP ) dilakukan di perpustakaan  MTsN Banjarsari yang beralamatkan di Jl. Sampurna No.73 Kecamatan Way Sulan Lampung Selatan pada bagian layanan peminjaman bahan pustaka.


(ini tuh laporan KP tmn w yg PKL d Mts N Banjarsari)

Tidak ada komentar: