Minggu, 16 Januari 2011

Desa Banjarsari, Way Sulan, Lampung Selatan

Hmmmm... Desa Banjarsari merupakan tempat kelahiran aku hihi...pada tauu gx dimana tempatnya haha pasti banyak yang gax tauu makanya sesi kali ini aku tuh mo bahas tentang kampung halaman aku biar pada tau dimana itu desa Banjarsari.
Nieh dia data tentang Desa Banjarsari yang aku dapat dari kepala Desa Banjarsari Drs. Moh Amin yang kebetulan sekarang udah tidak menjabat lagi...tapi data ini bermanfaat loh hehe...




Secara teritorial Desa Banjarsari Kecamatan Way Sulan merupakan Desa Lintas ekonomi yang menghubungkan Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung selatan dengan Kecamatan Waway Karya Lampung Timur. Hal ini menjadikan dua daerah  untuk mengadakan kerja sama dalam upaya peningkatan Perbaikan ekonomi dengan tidak menutup peluang bagi kecamatan sekitarnya, mengingat Kecamatan Way Sulan , dan Waway Karya secara umum merupakan daerah sub urban dan Desa Banjarsari khususnya merupakan daerah pedesaan dengan potensi produksi yang cukup dan luas di bidang pertanian dan peternakan.  Namun ironisnya, selama ini kerugian konsumen dalam transaksi jual beli barang dan jasa dibebankan kepada produsen dalam hal ini masyarakat desa Banjarsari. Sehingga tidaklah mengherankan bila masyarakat  Desa Banjarsari dalam menjual hasil bumi dan peternakan selalu dibawah standar harga umum produsen , kecuali bila masyarakat Desa Banjarsari yang melakukan pendistribusian langsung barang dan jasa di produksinya tersebut, tidak kkepada konsumen atau melalui tengkulak yang mengambil sendiri produksi mereka yang membebankan biaya angkut kepada produsen (Petani atau peternak) . Hal tersebut tidak akan terjadi bila kondisi umum jalan Desa Banjarsari dalam kondisi baik dan memenuhi standar sebagai sarana transportasi yang layak pakai, sehingga tidak akan mungkin konsumen ataupun tengkulak enggan membeli hasil bumi dan peternakan Masyarakat Desa Banjarsari.

--> Monografi Desa Banjarsari
> Batas Wilayah dan Luas Desa
Desa Banjarsari diapit oleh 3 (tiga) desa dari Kecamatan Way Sulan  Kabupaten Lampung Selatan dan 1 (satu)  desa dari Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur.
-    Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Lampung Timur.
-    Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pamulihan Kecamatan Way Sulan.
-    Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Karang Pucung Kecamatan Way Sulan.
            -    Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Suka Maju Kecamatan Way Sulan. 


> Luas Desa

Luas  Desa Banjarsari Kecamatan Way Sulan adalah 8.075 Ha yang terbagi menjadi 3 Dusun, yaitu : Dusun I Banjarsari, Dusun II    Banjarnegeri, Dusun III Karang Anyar.

>  Penduduk dan Mata pencaharian
Jumlah Penduduk Desa Banjarsari pada bulan juli 2009 adalah sebanyak 9.041 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 937 KK dengan mata pencaharian penduduk mayoritas 95 % bertani, 2 % beternak dan 3% berdagang.


> Obritas dan Waktu Tempuh

a. Jarak Ke Kecamatan                           : 2 Km, Waktu tempuh 10 Menit.
b. Jarak ke Ibu Kota Kabupaten                     : 47 Km, Waktu tempuh 60 Menit.
c. Jarak ke Ibu Kota Propinsi                          : 60 Km, Waktu tempuh 90 Menit.
d. Jarak ke Ibu Puskesmas                              : 1 Km, Waktu tempuh 5 Menit.

> Kondisi Fisik Jalan Desa Banjarsari
Pada saat ini jalan Desa Banjarsari terdiri dari jalan batu, dan jalan tanah Secara umum kondisi fisik jalan Desa Banjarsari tidak cukup memberikan kenyamanan bagi penggunanya, terutama pada saat musim hujan, kondisi jalan tanah serta jalan batu banyak sekali lubang-lubang yang dalam dan sangat menggangu pengguna jalan khususnya para petani.

> Upaya Peningkatan jalan Desa Banjarsari
Upaya yang diharapkan dapat meningkatkan kondisi jalan desa menjadi lebih baik, upaya-upaya yang diharapkan tersebut adalah :
  1. Peningkatan Jalan tanah menjadi Batu Sepanjang 4000 M di Dusun III.
  2. Perbaikan Jembatan dengan Panjang 8 M dan Lebar 4 M di Dusun III.
Hmm dr sinilah asal Nasi yg aku makan berasal...
Masyarakat Desa banjarsari musyawarah di Balai Desa





Petani Desa Banjarsari


Hmmm ntuu dia data dan info tentang Desa Banjarsari..di Desa inilah aku dilahirkan...maen-maen yah..hehe

5 komentar:

Admin mengatakan...

lihat juga weblog ini.. http://nihayatul-amal.blogspot.com

Unknown mengatakan...

gue lahir di banjarsari lampung selatan, saat ini gue berada di jakarta,, sumpah gue kangen banget pengen pulang.....

Desy Sufriyanty mengatakan...

Ayook dunk Pulang kampung kalo kangen... "^_^"
Jgn lupain kampung halaman yaaw...

Unknown mengatakan...

I love banjar sari informasi ini sangat membantu saya...saya kebetulan tugas KKN d desa banjar sari..trimakasih

Unknown mengatakan...

Damai desa ku.