Kamis, 16 Juni 2011

Aplikasi Pendaftaran Pasien pada Puskesmas Way Sulan dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi dibidang komputer saat ini semakin pesat sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, sehingga kemampuan komputer untuk membantu manusia dan menyelesaikan pekerjaan semakin meningkat, baik pekerjaan yang sederhana maupun yang sulit. Selain digunakan untuk menyimpan data, komputer juga digunakan sebagai media untuk mengelola data menjadikannya kedalam bentuk yang mudah dipahami.

Pada Puskesmas Way Sulan Lampung Selatan merupakan salah satu instansi pelayanan kesehatan masyarakat yang diadakan untuk membantu melayani masyarakat dalam bidang kesehatan. Kegiatan Puskesmas Way Sulan Lampung Selatan salah satunya melayani pasien dalam pendaftaran, sebelum melakukan pemeriksaan atau pengobatan. Pasien yang akan berobat mendaftar ke bagian pendaftaran dengan membawa kartu berobat,  Petugas pendaftaran melakukan pengecekan apakah pasien sudah terdaftar dan kartu berobat masih berlaku, jika belum pasien harus melakukan registasi terlebih dahulu dan melengkapi data dan syaratnya, jika sudah petugas akan mencatatnya di buku berobat setelah itu, Selanjutnya Dokter akan memeriksa pasien. Pencatatan secara manual sering mengalami keterlambatan dalam proses pengecekan pasien yang pernah berobat dan sering terjadi pencatatan ganda. Sehingga untuk mencegah kesalahan berulang maka Aplikasi pendaftaran pasien sangat dibutuhkan guna melayani masyarakat secara optimal.
1.2  Rumusan Masalah
Masalah adalah suatu kesenjangan antara harapan dan kenyataan, yang selalu timbul dalam suatu pekerjaan. Ada beberapa permasalahan selama penulis melakukan penelitian di Puskesmas Way Sulan Lampung Selatan :
1.    Terjadi antrean pada saat pendaftaran Pasien di Puskesmas Way Sulan Lampung Selatan.
2.    Kurang efektif dan efisien  dalam  hal pendataan dan penyimpanan data karena masih menggunakan sistem manual.
3.    Terjadi data ganda saat pencarian data, yang menyebabkan proses pendataan terhambat.

1.3  Batasan Masalah
Mengingat pentingnya suatu data Pasien yang merupakan suatu info untuk mengetahui catatan medis pasien dan mempermudah tim medis saat menangani pasien, maka diperlukan pendataan dan aplikasi pendaftaran pasien yang dapat mempercepat dan mempermudah proses penanganan pasien.
Dalam hal ini penulis hanya merealisasikan tentang Aplikasi Pendaftaran Pasien yang selama ini berlaku di Puskesmas Way Sulan.

1.4 Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan Kerja Praktek (KP) yang dilakukan tanggal 5 Agustus 2010 berakhir pada tanggal 16 September 2010 selama 1,5 bulan.


1.5  Tempat Pelaksanaan
Penulis melakukan penelitian  Kerja Praktek (KP) bertempat di Puskesmas Way Sulan Lampung Selatan.

1.6  Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian adalah sebagai berikut :
1.    Untuk mengenal dunia kerja dengan segala permasalahan yang ada khususnya di bidang Sistem Informasi.
2.    Menerapkan ilmu dan teori yang didapat dari perkuliahan ke lapangan kerja yang sesungguhnya.
3.    Sebagai bahan pertimbangan terhadap disiplin ilmu dalam rangka merealisasikan kedalam lingkungan masyarakat.
4.    Mengurangi dan memeperkecil kesalahan yang sering terjadi pada saat pendaftaran pasien.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Demi menciptakan kualitas kesehatan masyarakat serta mempermudah beban kerja petugas Puskesmas dalam menangani pendaftaran Pasien. Sebelas Studio bekerjasama dengan beberapa Puskesmas di Jawa Barat mengembangkan sebuah Aplikasi Pendaftaran Pasien yang saat ini bisa digunakan oleh Puskesmas manapun di seluruh Indonesia. Bagi yang berkenan silahkan mengunduh aplikasinya tanpa dipungut biaya apapun. Terima Kasih.