Kamis, 09 Desember 2010

Spamming, Crecking, Defacing, Snifing, & Phising

Tugas dari dosen yang sebenernya mudah untuk di cari tapi karena males nyariii akhirnya nilaiii tugas gx ada dech,,,spaming, crecking, defacing, snifing n phising nieh hasil pencarian yang akhirnya gx bisa di kumpul gara-gara telat ckckck........
SPAMING
Spamming adalah mengirim mail yang mungkin tidak diinginkan/tidak disukai penerima email. Posting yang sering mengakibatkan SPAMMING, atau juga pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (email) yang tak dikehendaki. spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail.
Contoh : berita warning virus, media buyer, multi level marketing, surat berantai, surat yang tidak berarti (junk mail), bomb mail (mengirim email sama berulang-ulang) dan hoax email (email bohong, dari sumber yang tidak jelas).

 CRECKING
crecking adalah kegiatan membobol suatu sistem komputer dengan tujuan menggambil suatu data,  Kejahatan dengan menggunakan teknologi komputer yang dilakukan  untuk merusak system keamaanan suatu system computer dan biasanya  melakukan pencurian, tindakan anarkis begitu merekan mendapatkan akses. Biasanya kita sering salah menafsirkan antara seorang hacker dan cracker.
Contohnya:
1.      Cracker membuat sebuah program agar program yang seharusnya berbayar menjadi gratis. Cracker tidak terlalu memahami seluk beluk jaringan mereka kebanyakan umum-nya cenderung menyukai segala sesuatu yang bersifat GRATISAN.
2.      Beberapa contoh tindakan cracker yang dianggap merugikan pengguna Internet lainnya antara lain adalah dilumpuhkannya beberapa saat situs Yahoo.com, eBay.com, Amazon.com, Buy.com, ZDNet.com, CNN.com, eTrade.com dam MSN.com karena serangan bertubi-tubi dari cracker dengan teknik Distributed Denial of Service (DDoS). Serangan yang dilancarkan pada bulan Februari 2000 tersebut sempat melambatkan trafik Internet dunia sebesar 26 persen.
             DEFACING
Defacing adalah kegiatan mengubah  halaman situs/website pihak lain, seperti yang terjadi pada situs Menkominfo dan Partai Golkar, BI baru-baru ini  dan situs KPU saat pemilu 2004 lalu. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain. merupakan bagian dari kegiatan hacking web atau program application, yang menfokuskan target operasi pada perubahan tampilan dan/atau konfigurasi fisik dari web atau program aplikasi tanpa melalui source code program tersebut. Sedangkan deface itu sendiri adalah hasil akhir dari kegiatan cracking dan sejenisnya – tekniknya adalah dengan membaca source codenya (ini khusus untuk konteks web hacking), terus ngganti image (misalnya), editing html tag dkk, dan lain-lain.
SNIFING
Sniffing adalah cara/metode melihat seluruh paket berupa data yang lewat pada sebuah media komunikasi contohnya komputer yang terhubung dengan lan , kemudian paket-paket tersebut disusun ulang sehingga data yang dikrimkan oleh sebuah pihak dapat dilihat oleh orang yang melakukan sniffing. Sniffing bisa dilakukan karena pada dasarnya koneksi ethernet adalah koneksi yang bersifat broadcast, dimana semua komputer host dalam sebuah kelompok jaringan (contoh warnet) akan menerima paket yang dikirimkan oleh sebuah komputerhost.
Contoh kasus :
dari pengalaman sebagai pengguna warnet ada yang melakukan sniffing dengan software cain & abel dari situ dia mendapatkan beberapa id dengan password yang cukup penting nah selain untuk kejahatan sniffing juga bisa dijadikan untuk pengelola jaringan. Secara positif sniffing bisa juga digunakan sebagai cara untuk pertahanan. Dengan melakukan analisa paket, sebenarnya pengelola bisa mengetahui apabila ada sebuah host mengirimkan paket tidak normal.Sniffing juga bisa menjadi alat untuk melakukan analisa permasalahan yang sedang dihadapi sebuah jaringan komputer.
     PHISING
merupakan kata plesetan dari bahasa Inggris yang berarti memancing. Dalam dunia yang serba terhubung secara elektronik saat ini, istilah phising banyak diartikan sebagai suatu cara untuk memancing seseorang ke halaman tertentu.kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian  data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.
phising tidak jarang digunakan oleh para pelaku kriminal di internet untuk memancing seseorang agar mendatangi alamat web melalui e-mail, salah satu tujuannya adalah untuk menjebol informasi yang sangat pribadi dari sang penerima email, seperti password, kartu kredit, dll.
Diantaranya dengan mengirimkan informasi yang seakan-akan dari penerima e-mail mendapatkan pesan dari sebuah situs, lalu mengundangnya untuk mendatangi sebuah situs palsu. Situs palsu dibuat sedemikian rupa yang penampilannya mirip dengan situs asli. lalu ketika korban mengisikan password maka pada saat itulah penjahat ini mengetahui password korban. Penggunaan situs palsu ini disebut juga dengan istilah pharming.

Tidak ada komentar: